Thursday 5 February 2015

Musim Pemijahan Ikan Kembung (Restrelliger sp.)



Musim pemijahan ikan kembung perempuan berlangsung selama beberapa bulan, dari Mei – Oktober di Tanjung Satai (Kalimantan Barat). Ikan kembung lelaki mempunyai dua musim pemijahan di Laut Jawa, yaitu berlangsung dalam musim Barat dari Oktober-Februari dan musim Timur dari bulan Juni-September. Jenis ini diduga banyak memijah di sebelah Utara Tanjung Satai, Laut Cina Selatan, Samudera Hindia dan Laut Flores (Burhanuddin et al. 1984).

Waktu pemijahan ikan kembung lelaki diduga berlangsung antara bulan April-Agustus dan Desember dengan puncak pemijahan pada bulan Agustus. Daerah pemijahan diduga sekitar kepulauan Karimun Jawa dan Matasiri (Nurhakim 1993). Sujastani (1974) mengemukakan ikan kembung lelaki bertelur dua kali dalam setahun, dari bulan Oktober-Januari dan bulan Juni-September, sedangkan Burhanuddin dan Djamali (1977) menduga ikan kembung lelaki di Teluk Jakarta bertelur dari bulan Februari-April dan dari bulan Juni-September.

Periode pemijahan ikan kembung lelaki di sebelah Barat India berlangsung dalam waktu yang lama, bulan Maret dan berakhir sekitar bulan Oktober atau November (Menon & Radhakrishnan 1974). Musim pemijahan ikan kembung lelaki di Selat Malaka berlangsung pada bulan Mei-Oktober dan Desember-Maret. Lokasi pemijahan diduga terletak dibagian Utara Selat Malaka (Hariati et al. 2005).

No comments:

Post a Comment