Tuesday 23 September 2014

Mengenal Kerapu Sunu (Plectropomus leopardus)




Kerapu sunu atau kerapu merah (Plectropomus leopardus) merupakan komoditas ekspor yang harganya cukup tinggi. Dua jenis kerapu sunu yang bernilai tinggi dan terdapat di Indonesia yaitu P. leopardus (leopard corral trout) dan P. maculatus (barred cheek corral trout). Spesies kerapu dari genus Plectropomus yang dapat dibudidayakan dan memiliki nilai jual cukup tinggi adalah ikan kerapu sunu atau kerapu merah (Plectropomus leopardus). Harga jenis P. leopardus hidup mencapai sekitar US$ 30-50/kg pada tahun 2010. Jenis P. leopardus banyak dibudidayakan karena pertumbuhannya lebih cepat dari jenis ikan kerapu lainnya, benihnya mudah diperoleh dari alam (penangkapan) dan teknik pemijahan telah dikembangkan.


Ikan kerapu hidup pada perairan tropis dan sub tropis di ekosistem terumbu karang, perairan berlumpur, dan hutan bakau termasuk dalam family Serranidae. Di dunia internasional, kerapu dikenal dengan nama grouper, trout, rock-cod, hinds, sea basses dan coral reef fish. Terdapat 15 genus dan mencakup 159 spesies (Heemstra & Randal 2005; Tucker 1999). Genus Cromileptes, Plectropomus dan Epinephelus merupakan 3 genus komersial yang telah berhasil dibudidayakan (Kordi 2001; Ahmad 2002). Tersebar luas di Pasifik barat mulai Jepang bagian selatan sampai pulau Guam, Kaledonia Baru, Kepulauan Australia bagian selatan serta laut India bagian timur. Di Indonesia banyak ditemukan di wilayah Perairan Teluk Banten, Ujung Kulon, Kepulauan Riau, Kepulauan Seribu, Kepulauan Karimunjawa, Maluku, Kalimantan, Sulawesi, dan Nusa Tenggara (Heemstra dan Randall 2005).




Beberapa jenis kerapu telah diidentifikasi berdasarkan pada morfologi yang berbeda-beda tiap jenisnya termasuk bentuk tubuh, ukuran sirip, bentuk kepala, jumlah jari-jari sirip, gurat sisik, dan gill raker. Beberapa jenis kerapu dewasa dengan ukuran besar pola pewarnaan cukup untuk membedakan spesies tertentu. Spesies yang hidup di perairan dalam memiliki pola pewarnaan lebih kemerahan dibanding spesies yang tertangkap di perairan dangkal. Jenis kerapu yang bisa diidentifikasi diantaranya kerapu sunu yaitu, badan ikan memanjang tegap, kepala dan badan serta bagian tengah dari sirip berwarna abu-abu kehijau-hijauan, cokelat, merah, atau jingga kemerahan dengan bintik-bintik biru yang berwarna gelap pada pinggirnya. Bintik-bintik pada kepala dan bagian depan badan sebesar diameter bola matanya atau lebih besar (M'Boy 2014). Ujung sirip ekor ikan kerapu sunu berbentuk rata, dan pada ujung sirip tersebut terdapat garis putih adapun pada sirip punggung terdapat duri sebanyak 7-8 buah. Laju pertumbuhan kerapu sunu bervariasi menurut kelas umurnya. Pada stadia awal perkembangannya, laju pertumbuhan ikan kerapu sunu berlangsung cepat, yaitu 0.81 mm/hari dalam waktu 6 bulan sudah mencapai ukuran panjang total 14 cm. Pada stadia larva ikan ini termasuk pemakan plankton perubahan sifat menjadi karnivora terjadi sejak mencapai stadia juwana. Menjelang dewasa ikan ini tergolong jenis ikan predator yang memangsa ikan-ikan kecil, udang, dan cumi-cumi (M'Boy 2014).

No comments:

Post a Comment