Wednesday 24 December 2014

Mengenal Ikan Kembung (Rastrelliger sp.)

Ikan kembung merupakan ikan pelagis kecil yang termasuk dalam famili Scombridae. Ciri meristik ikan kembung adalah sirip punggungnya terpisah menjadi dua bagian. Sirip punggung pertama berjari-jari keras 10, sedangkan sirip punggung yang kedua berjari-jari lemah 11 - 12. Sirip dada (pectoral) terdiri dari 16 - 19 jari-jari lemah, sirip perut (ventral) terdiri dari 7 - 8 jari-jari lemah, sirip ekor (caudal) terdiri dari 50 - 52 jari-jari lemah bercabang dan sisik pada gurat sisi (linea lateralis) terdiri dari 127 - 130 buah sisik (Collette dan Nauen 1983).

Ikan kembung terdiri atas tiga spesies, yaitu: kembung lelaki (Rastrelliger kanagurta), kembung perempuan (Rastrelliger brachysoma) dan Rastrelliger faughni.

Ikan kembung lelaki (Rastrelliger kanagurta) mempunyai tubuh tidak terlalu mengecil, dimulai dari batas tutup insang 4 sampai 4,8 bagian dari panjang bakunya, kepala lebih panjang dari lebar tubuh, rahang atas (maxilla) ditutupi oleh tulang lakrimal tetapi meluas sampai mendekat ujung lakrimal. Ikan kembung perempuan (Rastrelliger brachysoma) tubuhnya mendadak mengecil, lebar pada pinggir tutup insang 3,7 sampai 4 bagian panjang baku tubuh (4 sampai 4,8 bagian pada Rastrelliger kanagurta), kepala hampir sama atau lebih kecil dari lebar tubuh, rahang atas ditutupi tulang lakrimal tetapi meluas sampai mendekat ujung lakrimal. Untuk jenis Rastrelliger faughni tubuh lebih ramping, lebar pada pinggir tutup insang, 4 sampai 4,8 bagian dibandingkan dengan Rastrelliger kanagurta. Rahang atas ditutupi oleh tulang lakrimal tetapi meluas hanya ¾ panjang dari lakrimal (Collette dan Nauen 1983).

No comments:

Post a Comment